Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Perpanjang Lagi Work From Home Bagi ASN

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo saat berada di kediaman Ketua DPD PDI-P Kepri, DR HM Soerya Respationo,SH,MH di Batam, beberapa waktu lalu.(suryayogya/dok)

JAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran (SE) yang memperpanjang lagi masa kerja dari rumah atau work from home bagi aparatur sipil negara (ASN).

Keputusan ini terkait dengan dampak pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Masa pelaksanaan tugas kedinasan di rumah atau tempat tinggal (WFH) bagi ASN diperpanjang sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Baca: Pemudik ke Gunungkidul Melalui Getas Playen Mengalami Penurunan

Baca: Ramalan Zodiak Besok 12 Mei 2020: Saatnya Aries Pacu Adrenalin, Leo Siap-siap Beli Koper

Baca: Terungkap Tragedi 4 WNI ABK Kapal China, Saat Kritis Kapten Berikan Obat Diduga Kadaluwarsa

“Dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan,” demikian diatur dalam SE Nomor 54 Tahun 2020 yang ditandatangani Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (12/5).

Sebelumnya, masa bekerja dari rumah bagi ASN akan habis pada Rabu (13/5). Namun, setelah melakukan evaluasi terkait kondisi pandemi COVID-19 di dalam negeri, Pemerintah memutuskan untuk memberlakukan kebijakan work from home lebih lama.

Tjahjo menandatangani dua surat edaran, yaitu SE Nomor 54 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19, dan Surat Edaran Nomor 55 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah, Kegiatan Mudik, Cuti bagi ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Kedua SE tersebut merupakan perubahan atas SE Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2020 dan SE Nomor 46 Tahun 2020.