Pengurusan Izin Online di DPMP Kota Yogya Menurun Selama Februari-April 2020

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta menutup pelayanan perizinan secara offline dan hanya melayani secara online. (Foto: wartajogja)    
Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta menutup pelayanan perizinan secara offline dan hanya melayani secara online. (Foto: wartajogja)    

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Selama periode Februari-Arpil 2020 terjadi penurunan pengurusan izin online di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta.

Tren penurunan pengurusan izin ini diduga terkait dengan pandemi Covid 19.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Pengelolaan sistem teknologi dan informasi DPMP Kota Yogyakarta, Muhammad Desi Santoso, hari Rabu, sebagaimana dikutip dari Wartajogja, Kamis (14/5/2020).

Santoso merinci, pada Februari sebanyak 173 orang yang melakukan pengurusan izin online, lalu pada bulan Maret terjadi penurunan ke angka 130.

“Kalau bulan Maret, mungkin belum terasa penurunannya akibat pandemi Covid-19. Pada bulan April yang paling terasa penurunannya, yaitu ke angka 98. Trendnya semakin turun,” ujar Santoso.

Kata dia, selama ini pengurusan izin reklame yang paling banyak mendominasi pengurusan izin di Kota Yogyakarta dengan menggunakan sistem online.

BACA: Nuryanto Sebut Temukan Kejanggalan Dalam Data Penerima Bansos Non Tunai

Saat ini DPMP kota Yogyakarta hanya melayani pengurisan izin melalui sistem online saja. Layanan offline ditutup sejak pertengahan Maret.

Masyarakat Kota Yogyakarta dapat mengurus izin melalui online, yaitu dengan cara cetak mandiri atau masyarakat dapat mengakses melalui laman perizinanonline.jogjakota.go.id.

Adapun layanan yang dapat diakses melalui laman tersebut adalah untuk mengakses izin saluran air limbah, izin saluran air hujan, sertifikat laik fungsi, izin jual daging dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk mengurus izin mendirikan bangunan (IMB), surat keterangan rencana kota (SKRK) bangunan menara, SKRK bangunan reklame, rekomendasi kebudayaan, dan duplikat IMB dapat mengirim surat elektronik melalui imbdpmp@jogjakota.go.id.

Untuk layanan konsultasi masyarakat kota Yogyakarta dapat menggunakan aplikasi pesan singkat whatsapp di nomor 081225700612. (*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Wartajogja