Suryatmajan Malioboro Jadi Kelurahan Siaga Covid-19

KELURAHAN SURYATMAJAN (FOTO: WARTAJOGJAKARTA)
KELURAHAN SURYATMAJAN (FOTO: WARTAJOGJAKARTA)

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Terletak di tengah Kota Yogyakarta dan berdekatan dengan pusat belanja Malioboro, Suryatmajan ‘menyatakan diri’ sebagai kelurahan siaga Covid-19 selama pandemi ini berlangsung.

Dikutip Suryayogya.com dari Wartajogjakota, Kamis (14/5/2020), Kantor Kelurahan Suryatmajan dijadikan tempat koordinasi perangkat kampung untuk memantau masyarakat dan menekan angka sebaran Covid 19 di Kelurahan tersebut.

Tak hanya dijadikan lokasi tempat koordinasi, tetapi kantor kelurahan tersebut juga dijadikan gudang operasi pasar beras beberapa waktu lalu, sebelum dibagikan ke setiap RT.

Sebagai kelurahan tanggap Covid 19, pihak kelurahan memberikan informasi terkait Covid-19, mengenai apa itu Covid 19, dan bagaimana cara agar masyarakat tidak tertular.

Selain itu, pihak kelurahan juga bertugas untuk mencegah berita bohong atau hoax menyebar di wilayah Suryatmajan.

Pihak kelurahan telah membuat grup di aplikasi pesan singkat WhatsApp untuk memantau berita apa saja yang diterima masyarakat.

“Saat pandemi ini banyak sekali berita-berita tidak benar yang disebarkan melalui grup-grup WhatsApp. Kami ada tim untuk memantau dan meluruskan itu,” ujar Lurah Suryatmajan, Dodo Limono.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan memanggil penyebar kabar hoax ke kelurahan untuk diberikan penjelasan mengenai berita yang disebar tersebut.

“Kita panggil untuk diluruskan, pertama kami tanya mendapatkan berita dari mana. Kalau hanya berdasarkan ‘katanya’ jelas saja kami imbau untuk tidak disebarkan,” katanya.

Tidak Ada Penutupan Jalan