WHO: Virus Corona Bisa Jadi Endemik seperti Virus HIV

    DR Mike Ryan, pakar kedaruratan WHO. (The Humanitarian)
    DR Mike Ryan, pakar kedaruratan WHO. (The Humanitarian)

    JENEWA, SURYAYOGYA.COM – Virus corona baru atau SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 mungkin akan tetap ada dan bertahan sebagai endemik seperti virus HIV penyebab penyakit AIDS.

    Hal itu dikatakan pakar kedaruratan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenai virus yang telah menginfeksi lebih dari 4,3 juta orang dan merenggut hampir 300 ribu jiwa di seluruh dunia.

    “Penting untuk membuka hal ini: virus ini mungkin akan menjadi virus endemik lain di komunitas kita, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang,” kata pakar kedaruratan WHO Mike Ryan dalam briefing online pada hari Rabu, (13/5/2020).

    “Saya pikir penting bagi kita untuk realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang,” tambahnya.

    “Menurut saya tidak ada janji dalam hal ini dan tidak ada tanggal. Penyakit ini bisa menjadi masalah yang lama, atau mungkin juga tidak. ”

    Namun, dia mengatakan dunia memiliki kendali atas bagaimana penyakit itu dapat mengatasi penyakit itu, meskipun ini akan membutuhkan “upaya besar” bahkan jika vaksin ditemukan – prospek yang dia gambarkan sebagai “massive moon shot”.

    Lebih dari 100 vaksin potensial sedang dikembangkan, termasuk beberapa sedang dalam uji klinis, tetapi para ahli telah menggarisbawahi kesulitan menemukan vaksin yang efektif terhadap virus corona.

    Ryan mencatat bahwa ada vaksin untuk penyakit lain, seperti campak, yang belum dieliminasi.

    Ryan mengatakan “kontrol yang sangat signifikan” dari virus diperlukan untuk menurunkan penilaian risiko, yang katanya tetap tinggi di “tingkat nasional, regional dan global”.

    Pemerintah di seluruh dunia sedang berjuang untuk menjawab pertanyaan bagaimana membuka kembali aktivitas perekonomian mereka di tengah wabah virus yang masih terjadi.(*)

    Editor: Eddy Mesakh | Sumber: South China Morning Post

    TERKAIT: