Catat, Warga Jogja Diimbau Tunda Buang Sampah Selama Dua Hari, Ada Apa?

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Warga Kota Yogyakarta diimbau untuk tidak membuang sampah selama dua hari, yakni pada Minggu 24 Mei – Senin 25 Mei 2020. Ada apa?

Agar dimaklumi, karena dua hari tersebut bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1441 H, sehingga Tempat Penampungan Akhir (TPA) Piyungan sebagai tujuan akhir pembuangan sampah dari Kota Yogyakarta ditutup.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta pun mengimbau masyarakat agar menunda pembuangan sampah ke TPS masing-masing.

Kabar tersebut diterima oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melalui surat dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi DIY, Selasa (19/5/2020).

“Dari surat tersebut diinformasikan bahwa sehubungan dengan hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, TPA Regional Piyungan libur pada tanggal 24 dan 25 Mei 2020,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Suyana.

Pelayanan TPA Piyungan baru akan dibuka kembali pada Selasa (26/5/2020). Karena pada hari besar Idul Fitri para petugas juga perlu merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan baru akan masuk lagi sekitar hari tersebut.

Menanggapi hal itu, Suyana meminta masyarakat Kota Yogyakarta untuk sementara menunda pembuangan sampah di TPS dengan melakukan penyimpanan sementara di rumah masing-masing.

“Seperti yang pernah terjadi, dalam kondisi ini sebaiknya masyarakat menyimpan sampahnya dulu dengan melakukan protokol kesehatan, yakni ditutup menggunakan plastik sehingga tidak mudah tembus,” terangnya.

Volume Sampah Menurun