Kembalikan Bantuan Tunai, Ibu Ponikem Bilang, “Ibu Tuginem Lebih Butuh Daripada Saya.” Bupati pun Ikut Terharu

Ibu Ponikem mengalihkan bantuan tunai Rp600 ribu yang diterimanya kepada Ibu Tuginem. (FotoL: Humas Pemkab Kulon Progo)
Ibu Ponikem mengalihkan bantuan tunai Rp600 ribu yang diterimanya kepada Ibu Tuginem. (FotoL: Humas Pemkab Kulon Progo)

KULON PROGO, SURYAYOGYA.COM – Ibu Ponikem (50), langsung mengalihkan uang tunai senilai Rp600 ribu yang diterimanya dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kepada tetangganya.

Ibu Ponikem adalah Kalurahan Krembangan, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan berprofesi sebagai pedagang.

Setelah menerima dana tunai Rp600 ribu, Ibu Ponikem langsung mengalihkannya kepada tetangganya sendiri yang bernama Ibu Tuginem yang berprofesi sebagai seorang petani.

“Bu Tuginemua jauh lebih membutuhkan dari pada saya. Jadi saya menyerahkan bantuan tersebut kepada Ibu Tuginem,” ujar Ponikem sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemkab Kulon Progo, Rabu (20/5/2020).

Ponikem merasa bahwa kehidupannya sudah tercukupi dengan ditopang oleh dua orang anaknya yang semuanya sudah mandiri. Dia merasa ada tetangganya yang lebih berhak atas bantuan tersebut.

Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo, terharu pada sikap dan ketulusan Ibu Ponikem. Dia Sangat mengapresiasi tindakan Ibu Ponikem dan berharap perbuatan mulia itu bisa menjadi contoh bagi warga masyarakat Kulon Progo.

Sutedjo berpesan bagi warga yang merasa mampu tapi masih menerima bantuan tersebut agar bisa mengikuti langkah Ibu Ponikem ini.

“Tentunya hal ini bisa menjadi teladan bagi warga masyarakat Kulon Progo dan masyarakat lain. Bagi yang merasa cukup tapi dapat bantuan, dapat memberikannya kepada warga lain yang sangat membutuhkanya,” kata Sutedjo.

Tidak Menyalahi Aturan