Ini Lima Inovasi Alkes Buatan BPPT; dari RDT Kit sampai Ventilator

Alkes produksi BPPT mulai dari RDT kit, PCR tes kit, artificial intelligence pendeteksi Covid-19, mobile laboratorium bio safety level 2, dan emergency ventilator
Alkes produksi BPPT mulai dari RDT kit, PCR tes kit, artificial intelligence pendeteksi Covid-19, mobile laboratorium bio safety level 2, dan emergency ventilator

JAKARTA, SURYAYOGYA.COM  – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menciptakan lima produk inovasi alat kesehatan (Alkes) untuk mendukung penanganan Covid-19.

Kelima produk tersebut diluncurkan Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada Rabu  (20/5/2020).

BPPT melalui Satuan Tugas Riset dan Invonasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC-19) memproduksi alkes berupa RDT kit, PCR tes kit, artificial intelligence pendeteksi Covid-19, mobile laboratorium bio safety level 2 dan emergency ventilator.

“Saya lihat sendiri, ada rapid test yang waktu saya tanya produksi berapa, sudah kira-kira 100 ribu (unit). PCR test kit sama, apakah sudah produksi, sudah, apakah sudah uji, sudah 100 ribu.

Kemudian ada emergency ventilator yang ini kemarin saya lihat ada karya BPPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, PT Poly Jaya, yang mulai dan ini tinggal produksinya,” ucap Jokowi dalam sambutan yang diunggah pada kanal YouTube Setpres.

Produk inovasi dari TFRIC-19 mendorong ekosistem dalam negeri, khususnya di bidang kesehatan.

Di sisi lain, berbagai produk inovasi karya anak bangas terwadahi dapat mendukung kesiapan dan ketahanan nasional kita dalam konteks penyakit menular.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa TFRIC-19 merupakan model ekosistem inovasi yang terbangun karena adanya dorongan kebutuhan bersama.

Hal tersebut terpicu karena ada rasa kebersamaan yang sangat kuat untuk berbuat sesuatu.

“Untuk itu ditegaskan olehnya, ekosistem inovasi yang sudah terbangun ini harus diteruskan dan diberi penguatan. Berbagai produk inovasi karya anak bangsa pun telah dihasilkan dari sinergi ini yang memang difokuskan untuk penanganan pandemi ini,” ujar Hammam dalam keterangan pers BPPT.

Ketahanan Nasional