6 Obat Tradisional China Terbukti Efektif Sembuhkan Covid-19: Jinhua Qinggan Granule (Pertama)

Seorang apoteker menimbang obat-obatan herbal Tiongkok untuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional China Provinsi Anhui di Hefei, pada 18 Februari 2020. [Foto / Xinhua]
Seorang apoteker menimbang obat-obatan herbal Tiongkok untuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional China Provinsi Anhui di Hefei, pada 18 Februari 2020. [Foto / Xinhua]

SURYAYOGYA.COM – Pengobatan tradisional China/Tiongkok telah memainkan peran penting dalam pencegahan, perawatan, dan rehabilitasi pasien Covid-19.

Lapoan pada bulan Maret lalu, memaparkan angka resmi pasien yang menggunakan obat tradisional Tiongkok diobati dengan Traditional Chinese Medicine (TCM). Di Provinsi Hubei (pusat wabah) saja, sebanyak 91,6 persen pasien diobati denganTCM. Sementaa secara nasional sebesar 92,4 persen.

Menurut National Administration of Traditional Chinese Medicine, “tiga formula dan tiga obat” telah terbukti efektif dalam mengendalikan virus corona baru (SARS-CoV-2).

1. Jinhua Qinggan Granule (金花 清 感 粒)

Granul Qinggan Jinhua dikembangkan selama pandemi influenza H1N1 2009. Ini terdiri dari 12 komponen herbal, termasuk honeysuckle, mint, dan licorice.

Obat tradisional Granul Qinggan Jinhua ini berfungsi menurunkan panas/demam dan mendetoksifikasi (mengeluarkan racun dari) paru-paru.

Obat ini memiliki efek kuratif dalam merawat pasien ringan dan sedang, dan juga dapat meningkatkan tingkat pemulihan limfosit dan sel darah putih, serta mencegah pasien mengalami kondisi yang lebih parah.

Pada awal Februari, 102 pasien ringan di Wuhan menggunakan Jinhua Qinggan Granule dalam perawatan mereka. Hanya 11,8 persen memburuk, dan hanya butuh satu setengah hari bagi pasien untuk menurunkan demam mereka.

Eksperimen komparatif menunjukkan pasien yang menggunakan Jinhua Qinggan Granule dinyatakan negatif Covid-19 dalam dua setengah hari lebih awal dari kelompok yang tidak menggunakan granul.

Kelompok yang dirawat dengan granula juga membutuhkan waktu delapan hari untuk menunjukkan peningkatan (membaik). Sedangkan kelompok lainnya membutuhkan 10,3 hari.

Bahan: jinyinhua (金银花,atau honeysuckle), zhebeimu (浙贝母, atau fritillari), huangqin (黄芩, atau baical skullcap root), niubangzi (牛蒡子, arctium lappa alias Gobo, akar tanaman burdock), qinghao (青蒿, atau sweet wormwood herb alias kayu manis).

Penjelasan Bahan: