Jet Tempur Sukhoi Rusia Pepet Pesawat AL Amerika Serikat di Mediterania

SURYAYOGYA.COM – Jet tempur Sukhoi SU-35 Rusia melakukan manuver berbahaya saat menghadang pesawat patroli Amerika Serikat (AS) di perairan internasional di Laut Mediterania. Aksi intersep pilot rusia itu dengan memepet pesawat AS dalam jarak kurang dari 8 meter.

Angkatan Laut AS menyebutkan bahwa Jet tempur Sukhoi SU-35 Rusia mencegat pesawat patroli Angkatan Laut  AS di atas perairan internasional di Mediterania Timur, Selasa (26/5/2020).

Intersepsi pesawat Rusia dilakukan terhadap pesawat patroli maritim Angkatan Laut AS P-8A berlangsung lebih dari satu jam, kata komando Armada ke-6 Angkatan Laut.

Pernyataan itu mengatakan bahwa Rusia melakukan aksi ‘tidak perlu’ dan itu menghalangi kemampuan pesawat untuk bermanuver.

Disebutkan bahwa tindakan tersebut membahayakan kedua pesawat. Armada ke-6 AS menambahkan bahwa tindakan Rusia bisa mengakibatkan terjadinya tabrakan pesawat di udara.

“Tindakan yang tidak perlu dari pilot jet tempur Sukhoi SU-35 Rusia, tidak konsisten dengan penerbangan yang baik dan aturan penerbangan internasional, dan membahayakan keselamatan penerbangan kedua pesawat,” kata Armada ke-6.

Angkatan Laut AS menambahkan bahwa pesawat AS beroperasi di wilayah udara internasional, mematuhi hukum internasional dan tetap memperhatikan keselamatan penerbangan.

Tidak Ada Provokasi