Siapkan Buku Tamu Digital, Kecamatan Gondomanan Ikut Lomba New Normal Nasional

Spanduk berisi penjelasan dan QR Code untuk mengisi buku tamu digita;l di Kecamatan Gondomanan, Kota Yogya. (Foto: Humas Pemko Yogya)
Spanduk berisi penjelasan dan QR Code untuk mengisi buku tamu digita;l di Kecamatan Gondomanan, Kota Yogya. (Foto: Humas Pemko Yogya)

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM –  Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, menyediakan buku tamu digital untukikut lomba New Normal Nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri.

Pemerintah Kota Yogyakarta tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tersebut.

Untuk menghadapi new normal, Pemko Yogya melalui Kecamatan Gondomanan telah membuat inovasi, yaitu buku tamu digital yang diletakan di setiap rumah makan dan café.  Di antaranya di pendopo lawas.

Maksud pembuatan buku tamu digital adalah untuk mempermudah tracing bagi pengunjung jika sewaktu-waktu terjadi penularan Covid-19 di wilayah Kota Yogya.

Camat Gondomanan, Budi Santosa, menjelaskan bahwa di wilayahnya banyak sekali masyarakat yang meniliki usaha di bidang kuliner.

Mulai dari usaha rumah makan gudeg hingga angkringan, yang tersebar di wilayah Gondomanan.

“Kami membuat semacam buku tamu online dengan menggunakan barcode. Pengunjung yang datang ke tempat-tempat kuliner tinggal scan barcode. Setelah itu pengunjung mengisi data diri,” katanya, saat ditemui di kantor kecamatan, Jumat (5/6/2020).

Budi menjelaskan, buku tamu tersebut dibuat online untuk mengantisipasi tersentuhnya benda-benda seperti pulpen dan buku oleh banyak dan dapat menjadi perantara penularan virus corona.

“Dengan menggunakan barcode maka tidak ada kontak dengan benda-benda sehingga meminimalisir penularan.

Selain itu para penjual juga sudah menyediakan tempat cuci tangan, dan juga masker gratis bagi pengunjung yang tidak menggunakan masker,” jelasnya.

Untuk menarik minat pengunjung mengisi data diri dengan melakukan scan barcode, para pengusaha kuliner memberikan berbagai promo menarik, ada yang diberikan pada saat itu juga setelah mengisi barcode.

Para penjual itu memberikan promo ada yang memberikan gratis es teh, ada juga yang memberikan promo undian setiap minggu  dengan bermacam-macam hadiah menarik.

Tujuh Sektor