5 Hal yang Harus Diperbaiki oleh PS5 Dibandingkan PS4, Apa Saja?

SURYAYOGYA.COM  – Sony meraih sukses besar melalui PlayStation 4 (PS4) sejak diluncurkan pada tahun 2013. Dengan lebih dari 102 juta unit yang terjual hingga kini,  PS4 akan dikenang sebagai salah satu konsol video game paling populer sepanjang masa.

Namun demikian, selalu ada ruang untuk perbaikan, dan Sony perlu memastikan bahwa beberapa kelemahan pendahulunya tidak akan diulang untuk PS5.

Tanda-tanda awal menunjukkan bahwa kali ini Xbox Series X melakukan persaingan ketat.  Sehingga apa pun yang dapat dilakukan Sony untuk memperkuat daya tarik PS5 di mata konsumen dapat membantu peluangnya untuk berhasil.

Jadi apa yang perlu diubah Sony? Berikut lima hal yang harus diperbaiki PS5 dari PS4 jika PlayStation ingin mempertahankan mahkotanya sebagai raja konsol.

1. Kualitas dan daya tahan baterai pengontrol/stik

Kontroler PS4 telah dirundung dua masalah umum: kualitas bangunan yang rentan dan masa pakai baterai yang menyedihkan.

Ketika DualShock 4 pertama kali dirilis, pemain mengeluhkan banyak masalah yang memengaruhi controller – mulai dari menempelkan tombol L1 dan R1, menjentikkan tombol pelatuk, atau lapisan karet stik analog yang aus.

Masalah terakhir terselesaikan hanya beberapa tahun kemudian, ketika Sony akhirnya memutuskan untuk beralih ke bahan yang lebih tahan lama.

Masa pakai baterai yang tidak tahan lama juga telah menjadi persoalan pada DualShock 4. Dengan daya tahan rata-rata 4-7 jam, sebagian karena touchpad yang kurang dimanfaatkan oleh pengontrol dan lightbar yang selalu menyala, itu membuat baterai tidak mampu bertahan lama. Hal ini dikeluhkan oleh sebagian besar gamers.

Bandingkan DualShock 4 dengan pengontrol Nintendo Switch Pro, yang dapat bertahan hingga sekitar 40 jam. Sulit bagi Sony untuk membantah soal singkatnya daya tahan baterainya.

Harus ada perbaikan pada DualSense controler.

Tetapi dengan begitu banyak teknologi dan fitur mewah yang dimasukkan ke dalamnya, Sony mungkin kesulitan untuk mendapatkan keseimbangan.

2. Tingkat kebisingan konsol