Serapan Anggaran Pendapatan Gunungkidul Mencapai 98,18 Persen

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos.(Foto: Detikcom)
Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos.(Foto: Detikcom)

GUNUNGKIDUL, SURYAYOGYA.COM –  Serapan anggaran pendapatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai 98,18 persen. Sementera serapan anggaran belanja sebesar 90,96 persen.

Demikian dikatakan Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos saat menyampaikan Nota Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019.

Rapat Paripurna penyampaian nota pengantar pertanggungjawaban pelaksanan APBD tahun 2019 dpimpin langsung Ketua DPRD Endah Subekti Kuntarinngsih, SE dan Wkil Ketua Heri Nugroho, SS di Gedung DPRD Kabupaten Gunungkidul,  Selasa (16/6/2020).

Rapat Parpurna yang dihadiri Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos menyampaikan bahwa dalam realisasi pelaksanaan penggunaan anggaran terdapat sisa lebih anggaran APBD tahun 2019 sebesar 172.696.710.995.

Bupati berharap agar materi rancangan pertanggungjawaban APBD dapat segera dibahas dan dan dapat disetujui menjadi peraturan daerah.

Kabupaten Gunungkidul memiliki catatan prestasi dalam pengelolaan keuangan, dimana daerah ini lima kasli berturut-turut memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

DPRD sendiri mengapresiasi besarnya serapan anggaran pendapatan 98,18 persen dan serapan anggaran belanja sebesar 90.96 persen, dan berharap capaian kinerja yang baik itu harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Banggar DPRD Gunungkidul merekomendasikan agar Pemda Gunungkidul menguatkan aspek pengawasan internal mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban pelaksanan APBD dengan mengoptimalkan fungsi pendampingan oleh inspektorat dan tidak ada toleransi terhadap adanya pelanggaran. DPRD menyatakan menerima LPJ Bupati.

Bupati sendiri berharap adanya peningkatan kerjasama di masa mendatang untuk mewujudkan Kabupaten Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera tahun 2021.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut bupati didampingi Asisten I Drs Sigit Purwanto, Kepala BKAD Saptoyo, S.SOs, MM., Kepala Bappeda Drs. Sri Suhartanta, M.Si.(*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Humas Gunungkidul