Sudah Siap, Pergub New Normal DIY Rencananya Disahkan pada 1 Juli 2020

Pembahasan Perda New Normal DIY (Foto: Humas Pemda DIY )
Pembahasan Perda New Normal DIY (Foto: Humas Pemda DIY )

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Rancangan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengatur tentang New Normal sudah selesai dibahas dan rencananya akan disahkan pada 1 Juli 2020.

Peraturan tersebut telah dibahas oleh Forum Sekretaris Daerah se-DIY dalam Rapat Koordinasi Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, pada Rabu (17/6/2020) pagi, dipimpin oleh Sekda DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji.

Rapat tersebut diikuti oleh Sekda Kabupaten/Kota se-DIY, Kepala Biro Hukum Setda DIY, Kepala Biro Organisasi Setda DIY, dan Pejabat Instansi terkait.

Pembahasan utama pada agenda tersebut adaah perubahan Rapergub tahun 2020 menjadi Pergub DIY yang menyangkut Tatanan SOP New Normal dari Bencana Covid-19.

Selain itu, turut dibahas mengenai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 061/3279/SJ tentang pelaksanaan Permendagri No.56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pelaksanaan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja, Evaluasi Jabatan, dan Tambahan Penghasilan Pegawai.

Ketua FORSESDASI DIY sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul Ir. Dradjad Ruswandono, MT menjelaskan bahwa SE Mendagri tersebut di atas harus segera mendapatkan penjelasan/pembahasan dari Pemda DIY mengingat Nomenklatur Kelembagaan DIY dan Kabupaten/Kota telah mengacu pada UU Keistimewaan DIY No.13 tahun 2012.

Dradjad menyambut baik rencana pemberlakukan New Normal.

“Jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama stakeholder sedang dan sudah melakukan persiapan-persiapan, misalnya menyiapkan Standard Operational Procedure (SOP) ASN serta pelayanan publik dengan memprioritaskan protokol kesehatan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI,” ujarnya.

Kirim Surat ke Mendagri