Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Selatan Jawa hingga Sumba

Ilustrasi gelombang sangat tinggi.(Foto Daily Express)
Ilustrasi gelombang sangat tinggi.(Foto Daily Express)

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat baru mengeluarkan peringatan dini gelombang sangat tinggi yang bisa antara 4-6 meter di perairan selatan Jawa hingga Sumba Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peringatan dini gelombang tinggi ini berlaku mulai Minggu, 21 Juni 2020 07:00 WIB hingga Selasa, 23 Juni 2020 07:00 WIB.

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi tersebut pada Minggu (21/6/2020), sebagaimana dikutip dari situs resminya.

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 5 – 20 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 5 – 25 Knot.”

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Banda, Perairan Kep. Sermata hingga Kep. Tanimbar, Perairan Yos Sudarso, dan Laut Arafuru,” jelas BMKG.

Area perairan dengan gelombang sangat tinggi, yakni antara 4- 6 meter, kemungkinan terjadi di Samudra Hindia Barat Lampung dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

Next: Wilayah Gelombang Tinggi 2,5 – 4 Meter…