Microsoft Akui Ada Masalah Serius dan Menyebalkan dengan Windows 10

SURYAYOGYA.COM – Microsoft diam-diam mengakui bahwa beberapa pembaruan terbaru Windows 10 menyebabkan masalah agak serius untuk beberapa komputer/PC.

Menurut perusahaan, pembaruan KB4557957 dan KB4560960, yang seharusnya merupakan pembaruan kumulatif yang membawa banyak perbaikan keamanan ke Windows 10, justru menghadapi masalah kritis pada Proses Otoritas Keamanan Lokal.

Ini telah menyebabkan beberapa komputer melakukan reboot secara acak – hanya dengan pesan “PC Anda akan restart secara otomatis dalam satu menit” sebagai peringatan.

Ini bisa sangat menyebalkan, karena itu berarti Anda harus secara cepat menyimpan pekerjaan apa pun yang sedang Anda lakukan.

Tidak hanya mengganggu, tetapi bisa menyebabkan hilangnya data juga jika Anda tidak menghemat waktu.

Kabar baiknya, masalah ini, meskipun serius, tampaknya tidak menimpa banyak PC.

Microsoft juga mengetahui masalah ini, dan telah memperbarui dokumentasi KB4560960 untuk memperingatkan tentang masalah ini, dengan menyatakan bahwa “The Local Security Authority Subsystem Service (LSASS) file (lsass.exe) might fail on some devices”

Juga bahwa pengguna mungkin menemukan pesan kesalahan yang mengatakan “A critical system process, C:\WINDOWS\system32\lsass.exe, failed with status code c0000008. The machine must now be restarted.”

Meskipun Microsoft telah mengakui masalah ini, belum ada perbaikan yang disampaikan secara resmi.  Hanya ada jawaban bahwa “Microsoft sedang melakukan perbaikan dan akan memberikan pembaruan dalam rilis mendatang.”

Siapa pun yang menderita masalah ini tentu berharap perbaikan segera dilakukan. Memiliki PC yang harus selalu reboot secara acak tentu sangat menyebalkan dan akhirnya membuat mesin tidak dapat digunakan.

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mencoba menghapus pembaruan KB4557957 atau KB4560960, tergantung pada apa yang telah Anda instal.(*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Techradar