Bulan Juli, Provinsi DI Yogyakarta Lakukan Uji Coba Pariwisata

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY Bidang Perekoniman di Ruang Rapat Wagub DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (29/6/2020). Foto: Humas DIY.
Rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY Bidang Perekoniman di Ruang Rapat Wagub DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (29/6/2020). Foto: Humas DIY.

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Uji coba pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dilakukan pada bulan Juli. Sepanjang bulan Juli menjadi masa uji coba untuk membangkitkan perekonomian, termasuk pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dikutip dari situs resmi Pemprov DIY, Senin (29/6/2020), menyebutkan bahwa masa perpanjangan Tanggap Darurat Bencana hingga akhir Juli mendatang akan digunakan DIY untuk uji coba memantapkan kembali perekonomian.

Uji coba dilakukan salah satunya melalui pembukaan pariwisata di DIY.

Hal tersebut menjadi pokok bahasan dalam rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY Bidang Perekoniman, Senin (29/6/2020) di Ruang Rapat Wagub DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wagub DIY KGPAA Paku Alam X dan diikuti oleh seluruh Asisten Perekonomian dan Pembangungan kabupaten/kota se-DIY.

Hadir pula mendampingi Wagub DIY, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Drs. Tri Saktiyana, M.M serta Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T.

Tri Saktiyana mengungkapkan, apabila dilakukan perpanjangan masa Tanggap Darurat Bencana, maka perlu juga diikuti dengan pengambilan sikap dari seluruh kabupaten/kota untuk bisa produktif, namun tetap menjaga keamanan.

Periode 01-31 Juli akan digunakan untuk uji membangkitkan perekonomian melalui menggerakkan kembali wisata dan UKM.

Dengan begitu, obyek pariwisata bisa berbenah untuk menerima kunjungan wisata dengan protokol yang seharusnya.

Menurut Tri Saktiyana, perlu melakukan protokol kesehatan yang ketat terkait membuka kembali wisata.

Pariwisata Penggerak Utama Ekonomi DIY