Mulai 5 Agustus,  Penjual dan Pengunjung Pasar Bringharjo Tidak Tertib Protokol Kesehatan Kena Sanksi Disiplin

Petugas Pasar Beringharjo Aroni Fasa. (Foto: Suryayogya.com/Gaga Sallo)
Petugas Pasar Beringharjo Aroni Fasa. (Foto: Suryayogya.com/Gaga Sallo)

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM -Keseriusan pengelola pasar Bringharjo Yogyakarta mencegah penyebaran virus Covid 19 semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan diberlakukan pemberian sanksi sosial kepada pengunjung dan penjual yang lalai dalam protokol kesehatan.

Ditemui Surya Yogya,  Senin (03/08/2020) Aroni Fasa, staf administrasi Pasar Bringharjo Yogyakarta membenarkan pemberian sanksi tersebut

“Per tanggal 5 Agustus kita akan memberlakukan sanksi pagi pengunjung dan penjual yang tidak mematuhi protokol kesehatan di daerah Pasar Bringharjo Yogyakarta,” tegas Fasa.

Pemberlakuan sanksi sosial ini berupa teguran lisan, tertulis, dan jika terus tidak mematuhi akan dikenakan sanksi seperti membersihkan fasilitas umum.

Fasa menjelaskan,  untuk saat ini Pasar Bringharjo sudah melakuan protokol kesehatan yaitu dengan menyediakan tempat cuci tangan, petugas berjaga- jaga di setiap pintu masuk, dan imbauan terus diberikan.

‘Wajib menggunakan masker bagi pengunjung serta setiap pengunjung harus melalui bilik disinfektan, dan mencuci tangan,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya aturan sanksi yangdiberlakuan per tanggal 5 Agustus ini, dapat membuat masyarakat umum dan pengunjung pasar Bringharjo khususnya, dapat mematuhi semua protokol kesehatan.

“Bukan soal berapa banyak yang dapat sanksi tapi kami berharap semua orang tidak mendapatkan sanksi berhubung semuanya sudah tertib,” ajaknya.

Pantauan Surya Yogya di Pasar Bringharjo,  Senin (03/08/2020) pukul 09.00 WIB, terlihat aktivitas pasar berjalan baik dan setiap sudut dan pintu masuk ada petugas yang berjaga jaga.

.BACA: Omsed Penjual Batik Pasar Bringharjo Yogyakarta Menurun Drastis, Sejak Pandemi Covid – 19 Melanda

.BACA: CV Ellyta Karya Pratama Mereklamasi Area Tambang di Perbukitan Menoreh Kulonprogo

.BACA: Hewan Kurban Wajib Dimandikan dan Steril Sebelum Masuk Kota Yogyakarta