Kerjasama UEA-Israel, Kushner Ajak Negara Islam Lain Mengikuti

Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien berpose untuk foto bersama, di pangkalan udara Al Dhafra di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 1 Sep 2020. (Foto: REUTERS/Dan Williams via CNA)
Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien berpose untuk foto bersama, di pangkalan udara Al Dhafra di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 1 Sep 2020. (Foto: REUTERS/Dan Williams via CNA)

ABU DHABI, SURYAYOGYA.COM – Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel membuat terobosan dengan menjalin kerja sama. Penasihat Gedung Putih Jared Kushner mendorong negara Arab lainnya untuk mengikuti dengan berdamai dan juga menjalin kerja sama dengan negara Yahudi itu.

Usai mendampingi delegasi Israel ke UEA untuk pembicaraan normalisasi hubungan yang bersejarah itu, Jared Kushner berangkat dalam tur ke ibu kota Teluk lainnya pada hari Selasa (1/9/2020), untuk menggalang lebih banyak dukungan negara-negara Arab.

Israel dan Uni Emirat Arab telah membentuk komite bersama untuk bekerja sama dalam layanan keuangan pada pembicaraan di ibu kota UEA, Abu Dhabi.

Kushner, yang juga menantu Presiden Donald Trump, menemani delegasi Israel pada hari Senin pada apa yang disebut sebagai penerbangan komersial Israel pertama ke monarki Teluk yang berpengaruh, yang setuju pada bulan Agustus untuk menormalkan hubungan.

BACA JUGA:

Israel bertukar kedutaan dengan tetangga Mesir dan Yordania di bawah kesepakatan damai beberapa dekade lalu. Tapi sampai sekarang, semua negara Arab lainnya telah menuntutnya untuk menyerahkan lebih banyak tanah kepada Palestina.

Dalam sambutannya yang dilaporkan oleh kantor berita negara UEA WAM, Kushner menyarankan negara-negara Arab lainnya dapat segera menyusul langkah UEA.

Ditanya kapan yang berikutnya akan menormalkan hubungan dengan Israel, dia mengatakan: “Mari berharap ini berbulan-bulan.”

Kushner kemudian terbang ke Bahrain dan kemudian Arab Saudi dan diharapkan juga mengunjungi Qatar.

Sementara tidak ada negara Arab lain yang menunjukkan kesediaan untuk mengikuti UEA, negeri terkaya, Arab Saudi, telah mengizinkan penerbangan charter El Al yang membawa Kushner dan Israel menggunakan ruang udaranya.

Di Bahrain, yang menampung markas angkatan laut AS untuk wilayah tersebut, kantor berita negara melaporkan bahwa selama pertemuannya dengan Kushner, Raja Hamad bin Isa Al Khalifa memuji peran yang dimainkan UEA dalam membela kepentingan Arab dan Islam.

Kantor berita negara SPA melaporkan bahwa di Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Kushner membahas perlunya Palestina dan Israel untuk melanjutkan negosiasi dan mencapai perdamaian abadi.

UEA, Amerika Serikat, dan Israel pada hari Senin mendesak Palestina untuk “berhubungan kembali” dengan Israel, menurut pernyataan bersama yang disiarkan oleh kantor berita negara Emirat.

“Malu Abadi”