Walikota Yogya Raih Penghargaan BusinessNews, Bank Jogja Dapat BUMD Award 2020

Majalah BusinessNews menganugrahkan penghargaan kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti yakni sebagai TOP Pembina BPR terbaik 2020.
Majalah BusinessNews menganugrahkan penghargaan kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti yakni sebagai TOP Pembina BPR terbaik 2020.

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menerima penghargaan dari Majalah BusinessNews sementara Bank Jogja meraih BUMD Award 2020.

Bank Jogja sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mendapat penghargaan ketegori TOP BPR terbaik 2020. Walikota Yogyakarta mendapatkan sebagai pembina mendapat penghargaan sebagai TOP Pembina BPR Terbaik 2020.

Penghargaan ini atas inisiasi dari Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah serta beberapa lembaga konsultan dan para pakar bisnis dan ekonomi.

Direktur Utama PD BPR Bank Jogja, Kosim Junaedi mengatakan, pemberian penghargaan terhadap Walikota Yogyakarta ini didasarkan peran dan interaksi kepala daerah yang turut menentukan berhasil dan tidaknya pengelolaan BUMD di daerah.

Jika kepala daerah  mampu mendukung dan memberikan ruang serta peluang kepada BUMD untuk selalu berkembang, maka BUMD tersebut akan memiliki daya saing dan kinerja yang tinggi.

“Jadi, penghargaan Pembina BUMD Terbaik diberikan kepada kepala daerah atau pemerintah daerah yang BUMD binaannya meraih penghargaan BUMD Terbaik,” ujarnya di ruang Nakula Balaikota Yogyakarta, Selasa (9/1/2020).

Saat ditanya tentang mekanisme penilaian, ia menjelaskan proses penilaiannya berlangsung sangat ketat, objektif, independen dan komprehensif, dimana setiap BUMD yang menjadi peserta diwajibkan untuk mengisi dan menjawab kuisioner di setiap bidang kategori yang dikompetisikan.

Kemudian jawaban dinilai dan dievaluasi oleh tim penilai. Bagi yang lolos seleksi kuisioner, selanjutnya peserta diundang dalam wawancara penjurian.

“Pada tahap ini dewan juri melakukan tanya jawab dan pendalaman untuk mengetahui lebih jauh peningkatan kinerja dan inovasi yang telah dilakukan” imbuhnya

Sementara itu untuk Kota Yogya, lanjutnya, penghargaan tersebut diberikan, tidak terlepas dari kiprah apik dari BUMD yang ada di Kota Yogya yakni Bank Jogja

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut, karena diberikan oleh lembaga yang bersifat objektif dan independen, sehingga prestasi ini tentunya sesuatu yang perlu disyukuri.

Pada kesempatan tersebut, Walikota mengajak semua pihak untuk bekerja lebih keras dan cerdas lagi, sehingga akselerasi pembangunan dapat berjalan lebih optimal.

“Mari terus berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Yogya, untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan diberbagai bidang lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan diraihnya penghargaan tersebut menandakan kinerja Bank Jogja telah menunjukkan kinerja yang terbaik.

“Saya harap Bank Jogja dapat terus menunjukkan peningkatan kinerja, terus berinovasi sesuai ketentuan yang berlaku guna meningkatkan pendapatan daerah” katanya. (*)

Penulis: Gaga Sallo  | Editor: Eddy Mesakh