Wakil Walikota Yogya Ingatkan Waspada OTG Covid-19

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. (Foto: Humas)
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. (Foto: Humas)

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM -Wakil Walikota Yogyakarta, yang juga ketua gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Yogya, Heroe Poerwadi, mengimbau masyarakat agar waspada, karena saat ini banyak ditemukan Orang Tanpa Gejala (OTG). 

“Sekarang yang terpapar Covid-19 sudah tidak seperti dulu, kalau dulu banyak yang menunjukkan gejala seperti sesak nafas, badan panas,” kata Heroe saat menghadiri acara Ngluwihi Mbagehi warga RW 04 Janturan Minggu (6/9/2020), seperti dikutip dari portal resmi Pemkot Yoga. Senin.  

“Tetapi sekarang banyak juga ditemukan OTG, sudah terpapar tetapi tidak menunjukkan gejala sama sekali,” imbuh Heroe. 

Ia menjabarkan yang dimaksud OTG adalah seorang yang telah terpapar Covid-19 namun tidak menunjukkan gejala.

Ia mengungkapkan jika kasus di Kota Yogya semakin tinggi, pada akhir bulan Juli jumlah total kasus positif covid-19 tidak sampai 40 kasus.

“Namun selama bulan Agutus hingga awal September mencapai 180 kasus. Artinya ada peningkatan di bulan Agustus ini, dan sebagian besar dari kasus tersebut adalah OTG ,” katanya.

Heroe menyampaikan, dengan adanya OTG ditakutkan dapat menyebarkan covid-19 tanpa disadari untuk itu dirinya menegaskan agar masyarakat tidak terlena dan harus tetap menegakkan protokol kesehatan selama pandemi masih ada.

“OTG itu tidak merasakan gejala tetapi dapat menularkan covid-19 kepada orang lainnya, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Saat ini Pemkot Yogyakarta terus melakukan pengendalian penyebaran covid-19 dengan berbagai cara satu diantaranya adalah dengan cara melakukan tracing dan melakukan rapid tes di berbagai lokasi.(*)

Penulis: Gaga Sallo | Editor: Eddy Mesakh