Covid-19 Ancam Kehidupan Satwa Langka di WRC Yogyakarta

Penulis/Editor: Ignatius Sawabi

Wildlife Rescue Center Yogyakarta.

WATES, SURYAYOGYA.COM – Belasan satwa langka yang dilindungi undang-undang penghuni Wildlife Rescue Center Yogyakarta terancam kehidupannya.

Kehidupan satwa langka yang selama ini menggantungkan bantuan dari volunteer internasional tak lagi mendapat pasokan dana.

L Hardi Pranoto, salah satu pengurus Yayasan WRC kepada Suryayogya.com, Sabtu (26/9/2020) membenarkan situasi yang sedang terjadi itu. “Benar, sejak pandemi Covid-19, tak ada lagi bantuan yang kami terima,” katanya.

.Baca: Seniman Reggae Maumere Meninggal Tercebur Di Selokan Mataram Yogyakarta

Salah satu satwa langka penghuni Wildlife Rescue Center Yogyakarta.

Di lokasi penyelamatan satwa langka yang terletak di desa Sendangsari, Kulonprogo itu, terdapat belasan satwa langka dilindungi berbagai jenis.

Menurut Hardi, setiap bulan dana yang dikeluarkan untuk keperluan makan hingga perawatan medis dan lainnya mencapai Rp 90 juta.

Untuk menggalang dana operasional, menurut L Hardi Pranoto, yayasan kini membuka donasi platform https:/kitabisa.com/campaign/wildliferescue.

.Baca: “Museum Mini Sisa Hartaku” Koleksi Keganasan Gunung Merapi Silam

.Baca: Warga Asli Yogyakarta, Gunakan Tenun Ikat NTT Dalam Berbusana

Salah satu satwa langka penghuni Wildlife Rescue Center Yogyakarta.


“Atau bisa membantu melalui sumbangan langsung di rekening bank BNI 0259237730 atas nama Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta,” katanya.

Karena WRC bukan public space, maka tidak ada pemasukan dari penjualan tiket. “WRC bukan seperti kebun binatang, kami merawat kemudian untuk dilepasliarkan kembali,” katanya.

Selama tidak ada bantuan dana, WRC hanya mengandalkan uang kas dan penjualan merchandise.(*)