Dinkes Pemkot Terus Sosialisasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

Dinkes Pemkot Terus Sosialisasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)
Dinkes Pemkot Terus Sosialisasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM -Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan The Union dan Muhammadiyah Steps Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan workshop sosialisasi peraturan daerah (Perda) Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bagi Pemilik Kafe dan Restoran di Wilayah Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan jika Perda KTR sudah mulai diterapkan di Kota Yogyakarta sejak tahun 2018. Perda ini juga menyasar untuk Restoran dan kafe, karena dua tempat tersebut termasuk tempat umum yang dapat diakses masyarakat dan tempat yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat.

“Perda ini memberikan kewajiban kepada pengelola atau pemilik usaha untuk memasang papan pengumuman KTR dengan memuat tanda larangan merokok, larangan mengiklankan produk rokok dan larangan menjual produk rokok,” jelasnya di Hotel Tjokro Style, Selasa (29/09/2020).

Selain itu, lanjutnya, pengelola atau pemilik usaha juga tidak menyediakan asbak, melakukan pemantauan serta evaluasi terhadap pelaksanaan KTR, memasang tanda tulisan tentang bahaya rokok, dan melakukan pengawasan pada tempat atau lokasi yang menjadi tanggung jawabnya.

.BACA : Gerakan Konservasi Yogyakarta Panen Air Hujan

.BACA : Komsos Kreatif 2020 Kodim 0732 Sleman Gelar Tari Kreasi