HUT Ke-75 Brimob Secara Virtual, Kakorp: Negara Hadir,Negara Tidak Boleh Kalah

Penulis: Gaga Sallo

Kapolri memimpin langsung acara pembinaan tradisi ke-75 Korps Brimob Polri Tahun 2020 dan secara virtual dan diikuti oleh Semua Polda Indonesia.
Kapolri memimpin langsung acara pembinaan tradisi ke-75 Korps Brimob Polri Tahun 2020 dan secara virtual dan diikuti oleh Semua Polda Indonesia.

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Upacara Tradisi HUT Ke-75 Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri digelar secara virtual serentak di seluruh Indonesia dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dari Gedung Satya Haprabu Mako Korbrimob Polri Kelapadua Depok, Jawa Barat, sabtu (14/11/2020).

Acara itu diikuti oleh seluruh pejabat utama Korbrimob Polri. Tema yang diusung dalam Pembinaan tradisi ke-75 Korps Brimob Polri tahun ini adalah “Brimob Untuk Indonesia.”

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan testimoni melalui rekaman.

“Saya mengapresiasi Korps Brimob sebagai satuan pamungkas untuk penanganan kejahatan yang bekerja andal dan berintegritas menjaga keamanan dan ketertiban serta melindungi dan mengayomi masyarakat.”

“Saya harap Korps Brimob semakin profesional, semakin modern, terpercaya, dan selalu dicintai masyarakat. Dirgahayu Korps Brimob. Terimakasih telah menjadi Bhayangkara negeri,” kata Presiden.

BACA JUGA:

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis dalam amanatnya menyampaikan kepada seluruh personel Korps Brimob Polri di manapun berada untuk selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas.

“Jalani tugasmu dengan ikhlas, kesatuanmu akan memberikan yang terbaik,” kata Kapolri.

Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko menekankan kepada seluruh personel untuk tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Saya selaku Dankor Brimob Polri bersama jajaran berkomitmen untuk Satya Haprabu, Setia Kepada Pimpinan dan negara. Kami pastikan negara hadir dan negara tidak boleh kalah, Brimob Untuk Indonesia,” kata Kakorp.

Sementara di Yogyakarta, Kapolda DIY Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar M.Si. mengikuti secara virtual di Gedung Anton Soedjarwo.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol.Yuliyanto S.IK.,M.Sc kepada Suryayogya.com, Sabtu (14/11/2020) menyebutkan sejumlah kegiatan telah dilakukan oleh Korps Brimob Polda DIY seperti bakti sosial pemberian sembako dan masker kepada masyarakat di Pasar Niten Bantul, Pasar Gamping Sleman dan Pasar Gading Mantrijeron Bantul, Warakawuri Brimob di masing-masing Batalyon.

Brimob juga melakukan karya bakti dengan kegiatan penyemprotan disinfektan, korve/bersih pasar, tempat ibadah serta perawatan monumen perjuangan Brimob.

Anjangsana ke kediaman anggota Brimob yang telah purna tugas, donor darah dan ziarah di TMP Kusuma Bangsa Bantul dan TMP Giripeni Kulonprogo Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda DIY dan pejabat utama Polda DIY.

Kombes Pol.Yuliyanto juga memaparkan bahwa Korps Brimob yang lahir pada tanggal 14 November 1945, dalam sejarah perjalanannya pada masa perjuangan kemerdekaan diberi nama Tokubetsu Keisatsu Tai yang kemudian berubah menjadi Polisi Istimewa dan Mobile Brigade hingga akhirnya menjadi Brigade Mobil.

Korps Brimob memiliki tugas pokok penanggulangan gangguan kamtibmas yang berkadar tinggi.

Brimob akan dikerahkan untuk menangani kerusuhan massa, kejahatan terorganisir, penggunaan senjata api, bom, bahan kimia, biologi, dan radio aktif.

Korps Brimob juga selalu siaga melakukan penanggulangan terorisme dan selalu siap menjalankan tugas demi keamanan Indonesia.

“Dirgahayu Korps Brimob ke-75 jayalah selalu. Brimob Untuk Indonesia,“ ujar Kombes Pol. Yulianto.(*)

 

 

(Gaga Sallo).