25 Tahun Yogyakarta Gamelan Festival Jadi Bukti Gamelan Bertahan dari Zaman ke Zaman

Penulis: Gaga Sallo

25 Tahun YGF yang digelar Komunitas Gayam 16 dan didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bisa disaksikan secara langsung dengan konsep daring.
25 Tahun YGF yang digelar Komunitas Gayam 16 dan didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bisa disaksikan secara langsung dengan konsep daring.

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – 25 Tahun Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) berlangsung dari tanggal 18 sampai 22 November 2020, tidak seperti biasanya yang digelar secara turing. 25 YGF yang digelar Komunitas Gayam 16 dan didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bisa disaksikan secara langsung dengan konsep daring di www.YGFLIVE.com

Usia 25 tahun untuk sebuah festival bukan hal yang bisa dipandang sebelah mata. Tidak banyak festival yang bisa bertahan dan rutin berjalan setiap tahun tanpa terhenti lebih dari 10 kali.

Project Director YGF, Ishari Sahida, mengatakan usia 25 tahun bukan sekadar romantisme, melainkan introspeksi terhadap hal-hal yang sudah dilakukan selama ini untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan YGF dan manfaatnya. Momentum ini juga menjadi pemikiran perihal apa yang akan dilakukan YGF setelah 25 tahun

.Baca: Festival Bregada Rakyat 2020 Diikuti 20 Kelompok Peserta

.Baca: Pramuwisata Dituntut Punya Kemampuan Lebih Dalam Memperkenalkan Pariwisata Yogyakarta

.Baca: Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta Miliki Perpustakaan

Kondisi pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi YGF memasuki tahun penyelenggaraan yang ke 25. Perhelatan pada 2020 ini juga bukan sekadar perayaan melainkan kontemplasi yang akhirnya memotivasi.

la mengungkapkan gamelan merupakan kesatuan dan tidak modular. Artinya, saat memainkan gamelan harus bersama-sama atau berbareng

“Ini jadi paradoks di tengah pandemi, lantas apakah tidak bisa menghadirkan gamelan,” ujar Ari Wulu, sapaan akrabnya, dalam jumpa pers 25″ YGF di pendopo Komunitas Gayam 16, beberapa hari lalu.