Ekosistem Digital Pasar Prawirotaman, BPD dan Pemkot Yogyakarta Bersinergi

Penulis : Gaga Sallo

Wujud komitmen ekosistem digital di Pasar Prawirotaman Pemkot Yogyakarta melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY.
Wujud komitmen ekosistem digital di Pasar Prawirotaman Pemkot Yogyakarta melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY.

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Pasar Prawirotaman yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta sudah siap diresmikan Desember mendatang. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) perlu mempersiapkan beberapa faktor pendukung salah satunya adalah sistem digital.

Wujud komitmen ekosistem digital di Pasar Prawirotaman tersebut Pemkot Yogyakarta membuktikan dengan dengan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono mengatakan objek perjanjian ini adalah pelayanan publik dan perbankan digital di Pasar Prawirotaman. “Kerjasama ini berlaku selama 60 bulan setelah di tandatangani,” jelasnya di resto Mang Engking, Senin (23/11/2020).

.BACA : “Jeneng dan Jenang” Pesan Wakil Gubernur DIY untuk Danlanud Adisutjipto

.BACA : Ketua Bawaslu DIY: Terima Kasih Pemda DIY sudah Mendukung Kami

.BACA : Waspada Potensi Hujan Intensitas Sedang – Lebat Terjadi di Sleman dan Kulon Progo Bagian Utara

Ia mengatakan berbagai fasilitas digital nantinya akan ada di Pasar Prawirotaman seperti layanan samsat digital, dan penyediaan gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bank BPD DIY.

“Selain itu di pasar ini akan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), QRIS adalah Standar QR Code Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia,” jelasnya.

619 pedagang, akan dilengkapi dengan QRIS untuk kebutuhan transaksi digital sehingga konsumen tidak perlu berbelanja menggunakan uang tunai.

“Transaksi digital di pasar tersebut dapat dilakukan dengan memindai QR Code di tiap los dan pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai enis aplikasi pembayaran elektronik,” jelasnya.

.BACA : Dandim 0732/Sleman Sambut Kedatangan Kepala BNPB

Tak sampai disitu, lanjutnya pasar ini juga akan dilengkapi dengan Mobile Point of Sale (MPOS), MPOS adalah alat yang berfungsi sebagai solusi elektronik untuk penerimaan transaksi pembayaran yang bersifat nontagihan dari berbagai saluran/channel pembayaran.

“Salah satu sarana pembayaran MPOS ini dengan menggunakan kartu E-Money BPD DIY Jackcard,” katanya,(*)

Editor : Sudianto Pane