Pasar Prawirotaman Adalah Pasar Tradisional Pertama di Yogyakarta yang Ada Layanan Wifi

Penulis: Gaga Sallo

Pasar Prawirotaman yang terletak di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta ini rencananya akan di resmikan pada tanggal 4 Desember 2020. Foto: Gaga Sallo
Pasar Prawirotaman yang terletak di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta ini rencananya akan di resmikan pada tanggal 4 Desember 2020. Foto: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Perkembangan dan kemajuan zaman menuntut semua lini mesti berbenah diri. Hal yang sama terjadi di pasar tradisional Prawirotaman Yogyakarta yang siap diresmikan dalam waktu dekat akan memiliki layanan Wifi.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono saat penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY tentang digital pasar Prawirotaman beberapa waktu lalu.

Dijelaskan bahwa pasar ini juga akan menjadi pasar tradisional pertama di Kota Yogya yang dilengkapi dengan jaringan wifi sebagai dukungan untuk mempermudah transaksi digital di pasar tersebut.

.Baca: Ekosistem Digital Pasar Prawirotaman, BPD dan Pemkot Yogyakarta Bersinergi

.Baca: Disiplin Prokes Terus Digaungkan Koramil 03/Turi di Pasar Rakyat

.Baca: Dua Kali Kembali Kunjungi Pasar Prawirotaman, Walikota Yogyakarta Puas Dengan Pengerjaannya

“Kecepatan jaringan wifi yang disediakan juga cukup kuat, disesuaikan dengan kebutuhan pasar yaitu sebagai pasar tradisional dan untuk pengembangan ekonomi kreatif,” katanya.

Menurutnya Kecepatan jaringan wifi yang disiapkan mencapai 200 mbps, yang terbagi 75 persen untuk mendukung kegiatan di lantai empat pasar dan sisanya dibagi rata di lantai satu hingga tiga yang difungsikan sebagai pasar tradisional menjual bahan kebutuhan pokok sehari-hari.

Selain itu, lanjut dia, di Pasar Prawirotaman juga akan dilengkapi 30 titik CCTV untuk memantau aktivitas di pasar tersebut.

Bahwa menurut Yunianto transaksi digital juga dapat meminimalisir penularan Covid-19 di lingkungan pasar.(*)