Klitih Meresahkan, Polsek Umbulharjo Amankan Lima Pelaku Berclurit

Penulis : Gaga Sallo

Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Nuri Ariyanto dan Kabag Humas Polresta Yogyakarta, Iptu Timbul SR saat mengelar jumpa pers di Polsek Umbulharjo Jumat 22/01/2021. Foto: Gaga Sallo
Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Nuri Ariyanto dan Kabag Humas Polresta Yogyakarta, Iptu Timbul SR saat mengelar jumpa pers di Polsek Umbulharjo Jumat 22/01/2021. Foto: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Tindakan kekerasan jalanan yang membawa senjata tajam atau biasa dikenal dengan klitih terus menghantui Kota Yogyakarta dan sekitarnya, terbukti puluhan orang dengan dua geng yang berbeda terlibat tindakan kekerasan jalanan yang kini lima tersangka diamankan Polsek Umbulharjo beserta barang bukti celurit dan jenis senjata lainnya.

Hal ini dikemukakan oleh Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Nuri Ariyanto dan Kabag Humas Polresta Yogyakarta, Iptu Timbul SR saat mengelar jumpa pers di Polsek Umbulharjo Jumat 22/01/2021.

Dijelaskan bahwa tiga orang pekerja cleaning service atas nama Jihat Islam Solusi, Teo Pambudi, Muhammad Beviandisa Laksmana menjadi korban penyerangan yang mengakibatkan luka yang cukup parah.

.BACA : Kecelakaan Truk Box Depan Kampus UTY Jombor Yogyakarta

.BACA : Kondisi Kritis Usaha Perhotelan Di Yogyakarta, 30 Hotel Sudah Bangkrut

.BACA : Terima Vaksin Tahap Pertama Belum Kebal, Bupati Sleman Positif Covid-19 Seminggu Setelah Menerima Vaksin Sinovac

Lebih lanjut dikatakan bahwa kasus bermula pada Rabu 20/01/2021 sekira pukul 03.00 WIB rombongan pelaku berjumlah sekitar 20 orang dan berboncengan serta beberapa orang membawa sajam dengan tujuan tawuran dengan geng lain di daerah Blok O Banguntapan.

Setelah sampai di Blok O rombongan dibubarkan oleh warga sekitar kemudian rombongan bergerak ke arah Ketandan Banguntapan namun dibubarkan oleh Patroli Kepolisian.

Dari situ rombongan terpecah menjadi dua kelompok yang mengarah ke Jln Wonosari dan mengarah ke PLN Ketandan Banguntapan.

Rombongan sempat bertemu lagi di Jalan Gambiran dan berpapasan dengan korban yang bonceng tiga barusan dari Jalan Kusumanegara.

Rombongan lalu mengeluarkan Clurit dan menghunus ketiga korban hingga mengalamin luka parah.

Saat ini kelima pelaku dengan inisial FA (18) Bantul Sareman. RAP (15) Pelajar asal Pringolayan, Gg Petung, Purbayan, Kotagede Yogyakarta. DS (18) Sleman Ketandan RT 04 Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. SP(16) Bantul, Sekarsuli, Sendangtirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. AD(18) Bantul Somenggalan, RT 05, Jambidan, Banguntapan, sudah ditahan di Polsek Umbulharjo guna proses lebih lanjut.

Atas perbuatan pelaku dikenakan pasal Pasal 170 dan atau 351 Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951 dengan Ancaman Hukuman 10 tahun penjara.(*)

Editor : Sudianto Pane