Peringatan Serangan Umum 1 Maret yang ke-72 Akan Dilakukan Secara Virtual

Penulis: Gaga Sallo

Museum Benteng Vredeburg,monumen Serangan Umum 1 Maret 1949.
Museum Benteng Vredeburg,monumen Serangan Umum 1 Maret 1949.

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 tahun ini akan dilakukan secara virtual, yang mana sebelumnya melibatkan banyak masyarakat untuk hadir pada peringatan peristiwa heroik bersejarah di Kota Yogyakarta tersebut.

Peringatan yang akan berlangsung secara virtual bertempat di Museum Benteng Vredeburg, di monumen Serangan Umum 1 Maret 1949.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat melakukan koordinasi Peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 yang Ke-72, bersama Paguyuban Wehkreis (Daerah Perlawanan) III Yogyakarta di Ruang Sadewa, Kamis (18/02/2021).

Dijelaskan bahwa saat pandemi Covid-19 seperti ini, Paguyuban Wehkreis bisa memberikan modifikasi perencanaan kegiatan yang  berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, agar tidak terjadi kerumunan dan masyarakat yang melihat secara daring pun ikut menikmati persiapan yang diberikan oleh Paguyuban Wehkreis.

BACA JUGA: 

Ketua Panitia Peringatan Serangan Umum 1 Maret, Sudjono mengatakan, acara peringatan ditangani langsung oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan yang awalnya menghadirkan 250 peserta ini, akan dipangkas menjadi 30 orang saja untuk menghindari kerumunan. (*)