Peringatan Waspada Hujan Lebat di Yogyakarta

Penulis: Gaga Sallo

Foto ilustrasi: hujan
Foto ilustrasi: hujan

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sleman Yogyakarta kembali keluarkan peringatan waspada potensi hujan lebat.

BMKG Stasiun Klimatologi Sleman memprakirakan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah DIY pada tanggal 24 – 26 Februari 2021.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta Reni Kraningtyas, S.P., M.Si., kepada suryayogya.com melalui siaran pers Rabu, 24/02/2021.

Dijelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, BMKG mendeteksi adanya Pusat Tekanan Rendah (Low Pressure Area – LPA) atau dikenal sebagai potensi bibit siklon di sekitar selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 2 hari terakhir, yang berpotensi dapat berkembang menjadi Siklon Tropis.

BACA JUGA: 

Keberadaan pusat tekanan rendah atau potensi bibit siklon tersebut cukup signifikan berdampak pada pembentukan pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Jawa khususnya DIY dan secara tidak langsung dapat berdampak pada pembentukan potensi cuaca ekstrim berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Selain itu dapat menimbulkan potensi angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal, memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta.