Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman: ASPD Bukan Ujian Nasional atau Pengganti UAN

Penulis: Gaga Sallo

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs Ery Widaryana MM dalam jumpa pers di Pemkab Sleman Kamis (08/04/2021).
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs Ery Widaryana MM dalam jumpa pers di Pemkab Sleman Kamis (08/04/2021).

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Drs. Ery Widaryana, MM., mengatakan bahwa Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) bukan ujian nasional dan bukan pengganti UAN yang diselenggarakan di tingkat DIY, pada Senin (05/04/2021) sampai dengan Kamis (08/04/2021).

Menurutnya ASPD ini bertujuan untuk mengetahui standar penguasaan kompetensi siswa yang selama ini melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring).

ASPD juga digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. ASPD direncanakan sebagai salah satu sarana perhitungan (tentunya dari perhitungan nilai lainnya), untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA: 

ASPD tidak menentukan kelulusan siswa, karena kelulusan siswa ditentukan dengan ujian sekolah yang diselenggarakan sekolah masing-masing sesuai Peraturan Kemendikbud Nomor 1 tahun 2021.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk mendapatkan hasil dalam mengukur kemampuan siswa maka dalam kegiatan ASPD dihadirkan siswa dikelas IX bagi SMP.