Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Pangeran Philip./Foto: BBC World
Pangeran Philip./Foto: BBC World

SURYAYOGYA.COM – Pangeran Philip, suami dari Ratu Inggris Elizabeth II, meninggal dunia pada usia 99 tahun di rumah sakit akibat sakit.

Pangeran yang bergelar Duke of Edinburgh ini meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit.

“Dengan kesedihan yang mendalami, Yang Mulia Ratu telah mengumumkan meninggalnya sang suami tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh,” demikian pernyataan Buckingham Palace pada Jumat (9/4) waktu setempat.

Meski semasa hidupnya cukup aktif di usia yang tak lagi muda, dirinya sempat menjalani beberapa operasi hingga sejumlah penyakit yang perlu dilewati.

Kondisi terakhir sebelum dinyatakan meninggal dunia, Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit karena mengidap infeksi kandung kemih hingga penyumbatan arteri koroner.

“Ketika kamu mencapai usia tua, segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik,” tutur Pangeran Charles saat mengabarkan ayahnya di rumah sakit Februari lalu.
Dikutip dari Telegraph UK dan The Guardian, berikut riwayat penyakitnya.

Radang sendi
Pangeran Philip mengidap radang sendi di pergelangan tangan kanannya karena hobi berkuda. Ia sempat mencoba menghilangkan rasa sakitnya dengan Butazolodin, tetapi kemudian ia berhenti mengonsumsi tersebut lantaran mengeluhkan sejumlah efek samping.

Pada tahun 1961, ia mengalami patah tulang di pergelangan kaki kirinya akibat benturan di lapangan berkuda dan di tahun 1963, kembali berkuda, ia mengalami luka di lengan kirinya yang membutuhkan tiga jahitan.

Rematik hingga kista

BACA:2.169 Paket Dimusnahkan Oleh Kantor Bea Dan Cukai Yogyakarta

BACA:Nikmati “Teras Ramadhan” Ala Angkringan di H Boutique Hotel Yogyakarta