Tergoda dengan Emas Batangan dan Merah Delima, Korban Kehilangan Rp 785 Juta

Penulis: Gaga Sallo

Kanit Reskrim Polsek Depok Timur, Aldhino P.W., STK, SIK., saat menggelar konferensi pers di halaman Polsek, Senin (12/04/2021). Foto: Gaga Sallo
Kanit Reskrim Polsek Depok Timur, Aldhino P.W., STK, SIK., saat menggelar konferensi pers di halaman Polsek, Senin (12/04/2021). Foto: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Petugas Reskrim Polsek Depok Timur berhasil meringkus satu orang pelaku penipuan dengan modus menjual emas batangan dan merah delima yang berhasil menipu korban hingga Rp 785 juta rupiah dari seorang kenalan perempuan sejak 2019 lalu.

Hal ini dikatakan oleh Kanit Reskrim Polsek Depok Timur, Aldhino P.W., STK., SIK., saat menggelar konferensi pers di halaman Polsek, Senin (12/04/2021).

Pelaku berhasil menipu korban yang dikenalnya di sebuah apartemen. Pelaku katanya memiliki emas batangan dan merah delima jika dijual keluar Jawa akan mendapatkan harga yang tinggi.

Dari iming-iming pelaku, korban pun akhirnya tergiur dan memberikan sejumlah uang pertama Rp 25 juta tanggal 03 Juli 2019 dan berlanjut hingga 03 September 2020, hingga total mencapai Rp 785 juta.

BACA JUGA: 

Dari uang yang diperoleh, pelaku menggunakannya untuk membeli sepeda motor dan beberapa kebutuhan lainnya bersama sang pacar yang kini diakui telah meninggal dunia.

Merasa dirinya ditipu karena setiap ditanya oleh korban jawaban pelaku selaku berbelit-belit, hingga akhirnya nomor pelaku dihubungi sudah tidak aktif, maka korban pun membuat laporan ke Polsek Depok Timur.

Dari dasar laporan tersebut pada hari Kamis (25/03/2021), pelaku ditangkap di daerah Wijilan Yogyakarta sedang makan di sebuah angkringan.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 378 jo 372 KUH pidana yaitu tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (*)