30 Warga Wirobrajan Positif Covid-19, Satu RT Lockdown

Ilustrasi vaksin. foto: dtc
Ilustrasi vaksin. foto: dtc

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan sejanis lokkdown untuk membatasi pergerakan warga di RT 056 RW 012, Kemantren (Kecamatan) Wirobrajan, lantaran 30 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dibatasi mobilitasnya, ya semacam lockdown untuk mencegah sebaran kasus ke wilayah lainnya. Serta untuk menurunkan kasus di wilayah tersebut,” kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Heroe menjelaskan, kasus penularan Covid-19 ini bermula dari seorang ibu terpapar virus corona kemudian menularkan kepada anak dan suaminya.

“Ibu ini sakit sejak 13 April, gejala seperti flu pilek tetapi ibu ini memang sakit-sakitan ada komorbidnya. Terus beberapa hari kemudian dibawa ke rumah sakit, dinyatakan Covid, beberapa hari kemudian, tepatnya 28 April meninggal dunia,” jelas Heroe Poerwadi dikutip dari kompas.com, Senin (10/5/2021).

Heroe menambahkan, tetangga dari ibu meninggal dunia diketahui ikut terpapar Covid-19. Rumah pasien yang ikut terpapar sempat digunakan untuk acara buka bersama dengan keluarga besar.

“Kebetulan anaknya perawat dari rumah sakit di luar kota. Dan akhirnya beberapa anggota lainnya juga positif,” ujar Heroe.

Dikatakan Heroe, potensi penularan Covid-19 di Wirobrajan terbilang sangat tinggi lantaran sebagian besar warga di wilayah tersebut merupakan keluarga besar. “Diawali dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang tidak dilakukan secara maksimal di wilayah tersebut. Bahkan sempat ada acara buka bersama keluarga besar. Ada juga persoalan kepadatan rumah pemukiman kawasan itu, bahkan ada juga yang sempat pijat, atau kerokan satu sama lain. Karena mereka keluarga besar atau Trah,” jelas Heroe.

Penelusuran masih dilakukan lantaran ada beberapa rumah yang terinfeksi Covid-19. Namun, pihaknya menduga ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu penularan Covid-19.

BACA:Penyekatan Di Yogyakarta, 169 Kendaraan Pemudik Putar Balik

BACA:Virus Corona Mengintai, 33 Santri-Pengurus Ponpes di Kulon Progo Positif