Kebijakan APBD Tahun 2021 Pemkot Yogyakarta, Bukti Keseriusan Penanganan Covid-19

Penulis: Gaga Sallo

Sekertaris Daerah kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya MM bersama Kabag perekonomian dan kerjasama Ibu Andarini dalam membuka focus group discussion (fgd) laporan akhir kajian ekonomi kreatif yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Yogya, di Hotel Tjokro Style, Selasa (22/06/2021).

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Kebijakan anggaran untuk Kota Yogyakarta pada tahun 2021 merujuk pada keseriusan dalam penanganan wabah Covid-19.

Sekda Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., menyampaikan dalam APBD Kota Yogyakarta pada tahun 2021 sudah menggambarkan penanganan Covid-19 untuk pemulihan ekonomi.

Pihaknya menyatakan dalam penanganan Covid-19 yang berorientasi pada protokol kesehatan tidak hanya untuk menegakkan aspek kesehatan.

“Tetapi penanganan kesehatan dalam rangka menuju pemulihan ekonomi sebagai substansi dasar tujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) laporan akhir kajian ekonomi kreatif yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Yogya, di Hotel Tjokro Style, Selasa (22/06/2021).

BACA JUGA: 

Ia menjelaskan daya saing utama Kota Yogyakarta adalah dalam bidang budaya, pendidikan, pariwisata dan ekonomi kreatif. Sementara sektor pendidikan dan pariwisata merupakan pendukung utama perkembangan ekonomi kreatif di Kota Yogyakarta.

Meski demikian diakuinya ada beberapa hal yang belum sempurna dalam penganggaran karena dalam situasi pandemi tidak seperti yang dibayangkan di awal. Oleh sebab itu dilakukan realokasi dan refocusing anggaran agar terjaga untuk penanganan pandemi Covid-19.