Batal Berangkat, 11 Calon Jamaah Haji di Kota Yogyakarta Menarik Dananya

Penulis: Gaga Sallo

Asrama Haji Yogyakarta yang berada di Jl. Ring Road Utara, Pogung Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA – Buntut dari pembatalan kembali pemberangkatan haji tahun 2021 yang disampaikan secara resmi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu lalu, membuat 11 calon jamaah haji dari Kota Yogyakarta menarik perhatian mereka karena alasan usia, kesehatan maupun kebutuhan ekonomi.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta, Nur Abadi pada saat rakordasi evaluasi pasca keberangkatan jamaah haji 1442 H/2021M di Hotel Fave, (Selasa, 22/06/2021).

Saat ini pihaknya melakukan sosialisasi keputusan Menteri Agama. Menurutnya ada beberapa pertimbangan yang harus disampaikan kepada publik terkait keputusan berat menghadapi pelaksanaan haji.

BACA JUGA: 

“Sosialisasi ini ditujukan untuk mengembangkan berbagai isu dan kabar bohong alias hoax yang beredar saat ini,” katanya.

Menurutnya bahwa Kemenag bahkan mempersilakan jika ada kaum Muslimin yang berniat menarik setoran pelunasan yang telah dilakukan, atau tetap mempercayakannya kepada pemerintah.