Bocah Perempuan 11 Tahun Terpeleset dan Hanyut di Sungai Labuhan Batu Sumut Saat Bermain Air

Ilustrasi Sungai Labuhan Batu, Sumatra Utara

SURYAYOGYA.COM – Bocah perempuan bernama Ayu Syahputri (11) hanyut di Sungai Bilah Ratau Prapat, Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut).

Bocah tersebut tercebur setelah terpeleset saat bermain di pinggir sungai.

Kejadian ini terjadi pada Jumat (9/7/2021) siang, pukul 13.00 WIB. Saat itu, siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) itu bermain bersama dua orang temannya.

Baca juga: Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tak Bernyawa di Jembatan 1 Barelang Batam

Rekan orang tua korban, Heryanto menyebut, rumah korban ke lokasi kejadian tidak kurang dari satu kilometer. Menurut Heryanto, ketiga anak tersebut melihat jembatan kereta api yang sedang dibangun.

“Sebelum turun ke (sisi) sungai, anak-anak ini sempat menyeberangi jembatan itu. Entah kenapa siap nyebrang jembatan itu, turun orang itu ke sungai,” kata Hery.

Setelah sampai di pinggiran sungai ketiga anak ini kemudian bermain-main. Namun naas bagi Ayu, dia terpeleset dan langsung tercebur dan hanyut di sungai.

Baca juga: Tak Tahan Dibully Netizen, Amel Gadis yang Mirip Nike Ardila Berhenti Berakting dan Bernyanyi

Melihat Ayu tercebur ke sungai, kedua temannya tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka bahkan tidak melapor kan peristiwa itu, karena merasa takut akan dimarahi.

“Itu kejadiannya kan hari Jumat, sewaktu orang sedang shalat Jumat. Jadi sunyi lah keadaan. Terus anak-anak ini juga bilang sempat nampak (melihat) si Ayu ngangkat tangannya. Cuma namanya anak-anak, nggak bisa apa-apalah mereka. Malah mau pulang pun takut orang itu,” kata Hery.

Keduanya memilih berdiam diri di pinggir sungai selama beberapa jam. Akibatnya kabar hanyutnya Ayu ini, baru sampai ke orangtuanya 2 jam kemudian.

Baca juga: Sebanyak 1.485 Warga Tanjungpinang Positif Covid-19 Masih Jalani Karantina

Hal itu terjadi setelah seorang Bapak yang sedang memanen sawit, merasa heran melihat keberadaan 2 anak perempuan tersebut di pinggir sungai. Dia kemudian menanyai kedua anak tersebut.

Setelah mendapat jawaban, Bapak tersebut lalu membawa mereka pulang dan mengabarkan peristiwa tersebut.

“Hanyutnya sekitar jam 1, sementara orang tuanya di kantor baru dikabari jam 3. Itu artinya kan udah lama si Ayu ini hanyut,” kata Hery.

Baca juga: Polisi Belum Terima Permohonan Rehabilitasi Nia Ramadhani – Ardi Bakrie

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhan Batu, Atiya Muktar mengatakan upaya pencarian telah dilakukan sejak semalam mulai pukul 16.00 WIB. Namun hingga matahari terbenam, keberadaan korban hanyut di sungai belum ditemukan.

“Semalam kita mulai jam 4 sampai jam 6. Lalu hari ini kita lanjutkan dimulai jam 09.30 (WIB) tadi,” kata Atiya. (*).

Sumber: detik.com