Rumah Oknum Perambah Hutan Desa Kloangpopot Dibongkar

Penulis: Gaga Sallo

Petugas UPT KPH wil. Kabupaten Sikka dan petugas dari Polres Sikka dan Polsek Bola saat berada di lokasi pembongkaran rumah.

MAUMERE, SURYAYOGYA.COM – Aksi perambahan hutan di Desa Kloangpopot dan Wolomotong Kecamatan Doreng Kabupaten Sikka kini menemui babak baru. Rumah oknum perambah hutan yang berada di Desa Kloangpopot Dusun Wualadu RT Belat 09 RW 04 Kecamatan Doreng Kabupaten Sikka NTT, Mateus dibongkar paksa oleh petugas UPT KPH Wilayah Kabupaten Sikka bersama Polisi Kehutanan dibawah pengawasan ketat Polres Sikka dan Polsek Bola, Jumat (23/07/2021)

Tiga unit rumah yang sengaja dibangun diatas lokasi hutan yang masuk wilayah pal 84 dan pal 32 dijadikan rumah hunian tetap sehari-hari bersama anggota keluarga.

Baca juga: Pria Desa Kloangpopot Ini Ingin Menguji Keganasan Covid- 19 Tanpa APD Dalam Ruangan Isolasi

Hendiardus Nong, S.Hut., Plt. UPT KPH Wilayah Kabupaten Sikka langsung memimpin aksi pembongkaran rumah, yang sebelumnya telah dilakukan kesepakatan bersama tentang batas tenggang waktu pembongkaran yang sudah melewati waktu yang disepakati.

Aksi pembongkaran rumah awalnya mendapat penolakan dari pemilik rumah dan meminta diberikan waktu agar dibongkar sendiri, namun berhubung sering kali terjadi pelanggaran dalam kesempatan maka pembongkaran terpaksa dilakukan.

Baca juga: Meski Mati Suri, Dinas Pariwisata Bantul Ogah Lakukan Wisata Virtual

“Hari ini mesti dibongkar, karena sudah sering kali pemilik rumah berjanji dengan petugas untuk membongkar sendiri, tapi sampai hari ini belum dibongkar juga, semua itu dilakukan dengan surat peryataan diatas meterai,” ujar Hendiardus Nong di lokasi pembongkaran rumah.