Destinasi Wisata Merapi Park Sleman Mulai Uji Coba Buka

Merapi Park, Sleman, DIY. (Foto: NativeIndonesia.com)

SLEMAN, SURYAYOGYA.COM – Merapi Park di Kabupaten Sleman menjadi destinasi wisata yang mulai diujicoba buka, Kamis (23/9/2021).

Komisaris Merapi Park, Bambang Utomo menjelaskan sebelum dipukul pandemi, jumlah pengunjung di Merapi Park bisa mencapai 8.000 pengunjung per satu waktu. Tetapi ketika pandemi, mereka hanya menerima pengunjung dengan jumlah sesuai arahan pemerintah, yakni maksimal 25% kapasitas atau sekitar 2.000 orang.

Pihaknya yang telah menyanggupi untuk mengikuti arahan itu, mengingat areal wisata di Merapi Park luas dan tersebar di ruang terbuka.

Baca juga: Kecelakaan Maut Antara Bus Sugeng Rahayu dan Truk Kontainer di Kulonprogo, Dua Orang Tewas

“Hanya dipesankan tadi, [area] kolam renang, waterpark jangan dulu dibuka. Jadi kami juga gak bisa,” tuturnya, Kamis (23/9/2021).

Dinyatakan sudah aman dikunjungi wisatawan, total ada 40 orang karyawan bekerja di Merapi Park yang seluruhnya sudah menerima dua kali suntikan vaksin Covid-19.

Merapi Park berharap, setelah diujicoba buka ini maka pengunjung akan semakin banyak dan menikmati wisata di Merapi Park dengan nyaman.

Selanjutnya memberikan efek terhadap pendapatan daerah, ekonomi bisa tumbuh. Begitu pula ada efek positif kepada pedagang-pedagang yang ada di sekitar Merapi Park.

“Mudah-mudahan rekan jip yang selama ini sepi tamu akan dapat tamu baru yang menikmati suasana gunung Merapi,” tambahnya.

Baca juga: Harga Pakan Naik, Presiden Beri Bantuan 85 Ton Biji Jagung Ke 300 Peternak Ayam Petelur Di Gunung Kidul

Tak hanya bersenang hati sudah diujicoba buka di masa pandemi, bila situasi sudah jauh lebih kondusif, Merapi Park sedianya terus berinovasi dengan membangun dua zona baru.

“Salah satunya zona Jurassic Park, kawasan satwa langka tempo dulu yang secara visual tiga dimensi, bisa bergerak dan mengeluarkan suara, nanti berada di sisi selatan,” ujarnya.