Kantor Pinjaman Online Ilegal Di Yogyakarta Digerebek Polda Jabar, 83 Operator Debt Collector Diamankan

Penulis: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) melakukan penggerebekan dilokasi kantor pinjaman online yang berada di Jln Prof Dr Ir Herman Yohanis, Sagan Yogyakarta pada Kamis (14/10/2021) malam. 83 operator Debt Collektor berhasil diamankan beserta barang bukti.

Diketahui kantor pinjaman online ini beroperasi secara ilegal dan kini digerebek pihak kepolisian Polda Jawa Barat yang bekerja sama dengan Polda DIY.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rahman didampingi langsung oleh Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yulianto pada Kamis malam (14/10/2021) mengatakan bahwa Polda Jawa Barat mendapat laporan adanya tekanan kepada seorang korban hingga mengalami depresi karena belum membayar pinjaman.

Dari laporan tersebut Ditreskrimsus Polda Jabar melakukan pengembangan dan diketahui berasal dari pinjaman online yang berada di Yogyakarta.

Bekerjasama dengan Ditreskrimsus Polda Yogyakarta petugas berhasil mengamankan 83 orang yang bekerja sebagai operator Debt Collektor, Dua orang HRD dan Satu orang Manejer dilokasi pengerebekan.

Dikatakan barang yang berhasil diamankan adalah 105 PC, 105 handphone diketahui satu orang dari 83 operator Debt Collektor secara data yang didapat dari korban dan dengan data yang dimiliki oleh operator Debt Collektor sangat cocok.

“Dari catatan yg kami dapatkan ada 23 aplikasi, dimana dari 23 aplikasi ini semuanya tidak terdaftar di OJK. Hanya ada satu aplikasi terdaftar itu hanya untuk mengelabui saja, seolah ini adalah legal,” Tegas Arif.

Diketahui satu aplikasi yg terdaftar tersebut adalah onehope.

“Semua yang digerebek akan didalami dalam rangka penyelidikan, tentunya kami minta bantuan dari temen-teman Direskrimsus Polda DIY untuk lakukan penyelidikan dan pemeriksaan awal di mako Polda DIY,” tambahnya Arif. (*)