Pembangunan Segera Dimulai, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tidur dalam Tenda di IKN Baru

Presiden Jokowi berkemah di lokasi IKN baru. Foto: Arsip Fotografer Pribadi Presiden Jokowi Agus Suparto

SURYAYOGYA.COM – Presiden Joko Widodo akan berkemah di lokasi ibu kota negara (IKN) baru. Jokowi akan tidur di tengah hutan menggunakan tenda.

Dalam foto yang dikonfirmasi Sekretariat Presiden, Jokowi telah mendirikan tenda berwarna putih. Tenda didirikan di antara pepohonan tinggi di hutan Kalimantan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan tidur di tenda itu malam ini. Ibu Negara Iriana akan menemani Jokowi bermalam di tengah hutan.

“Ini sudah di lokasi titik untuk menginap. Ya, bersama ibu negara,” kata Heru melalui pesan singkat, Senin (14/3).

Heru menyampaikan para gubernur yang ikut ritual Kendi Nusantara tidak akan ikut menginap. Mereka pulang ke daerah masing-masing hari ini.

Baca juga: 

Hanya Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang bermalam bersama Jokowi. Heru tidak mengungkap apakah ada menteri yang ikut pada kemah tersebut.

“Gubernur, hanya Gubernur Kalimantan Timur saja,” tuturnya.

Kunjungan ini menjadi kali pertama Jokowi menyambangi IKN Nusantara usai pengesahan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Lawatan Jokowi ini sebagai simbol dimulainya pembangunan ibu kota negara baru.

Jokowi memulai kunjungan dengan ritual Kendi Nusantara. Tiga puluh empat gubernur diminta datang dengan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing. Tanah dan air itu disatukan dalam sebuah kendi.

Setelah itu, Jokowi dan para gubernur menanam pohon di Titik Nol IKN Nusantara. Esok pagi, ia juga akan meninjau sejumlah titik di IKN Nusantara. (*)

 

Sumber: cnnindonesia.com