Kabar Gembira, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Buka Pendidikan Khusus Pengacara Pajak dan Perbankan

Penulis: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Dunia advokat kembali mendapatkan kabar baik, pasalnya Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dibawa pimpinan Dekan Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 Dr. Agoes Parera, MM.MH, CFP telah melakukan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) dan kerjasama dengan Direktur Akademi Hukum dan Bisnis Indonesia Jakarta Petrus Loyani, SH., MH., MBA., untuk menyelenggarakan Pendidikan Khusus Pengacara Pajak dan Perbankan.

MOU tersebut dilaksanakan di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta pada Selasa 29/03/2022 yang langsung disaksikan oleh Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dr.Benediktus Renny SEE, S.H., S.E., M.H.

Dalam sambutannya Petrus Loyani menyampaikan bahwa Universitas saat ini mempunyai kurikulum merdeka yang mana 40% Universitas harus bekerja sama dengan lembaga-lembaga terapan untuk memenuhi kemampuan dan skill.

Langkah yang diambil oleh Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta saat ini sangat tepat dalam melakukan kerja sama dengan Akademi Hukum dan Bisnis Indonesia Jakarta guna mendidik advokat menjadi pengacara Pajak dan Perbankan yang handal yang mampu bekerja secara profesional dan berkwalitas.

Lebih lanjut Petrus menjabarkan bahwa untuk mengikuti pendidikan agar menjadi Pengacara Pajak dan Perbankan di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sangat muda yaitu melakukan pendaftaran ke kampus dengan memilih beberapa opsi pendidikan yaitu memilih Kelas Progam tiga hari dan Kelas Full Program Enam hari.

“Peserta tinggal memilih pilihan kelas yaitu tiga hari dan enam hari, dengan delapan jam tatap muka offline per hari,” ujarnya.

Disinggung mengenai pembiayaan Petrus mengatakan bahwa untuk kelas tiga hari peserta hanya dipungut biaya Rp 12.500.000 untuk Pajak dan Non Pajak Rp.10.000.000 sedangkan untuk kelas full program enam hari peserta dipungut biaya Rp.25.000.000.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 Dr. Agoes Parera, MM.MH, CFP pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa program Pendidikan Khusus Pengacara Pajak dan Perbankan ini merupakan yang pertama di Yogyakarta

Sebelumnya program ini sudah ada di beberapa kota besar lainnya yaitu di Surabaya, Bandung, Semarang, Palembang serta Pontianak sejak 2016.

Agoes Parera,MM.MH,CFP yang merupakan Putra Asli NTT kelahiran Maumere ini menuturkan bahwa nantinya kelas-kelas peserta akan dibimbing langsung oleh Petrus Loyani yang secara kemampuan sangat mumpuni.

Ia berharap kesempatan yang sangat bagus ini dapat diisi oleh advokat guna mengasah dan lebih mendalami lagi profesi sebagai advokat agar semakin menguasai bidang Pajak dan Perbankan. Nantinya kegiatan belajar sedianya akan dimulai bulan april dan kini proses pendaftaran sudah dimulai.

“Usai menempuh program pendidikan peserta akan memiliki sertifikat yang disyaratkan oleh undang-undang, Peserta akan disumpah, dan memiliki kompetensi,” ujar Agoes Parera.

Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dr.Benediktus Renny SEE, S.H., S.E., M.H., usai MOU kepada suryayogya.com sama mengatakan bahwa Kampus Umprok pada kesempatan ini ingin mengajak kepada semua advokat yang ada di Yogyakarta guna belajar di kampus agar meningkatkan kompetensi bagi para Advokat dalam menjalankan tugas.

Dikatakan saat ini untuk mata kuliah yang diterapkan oleh kampus kepada mahasiswa hukum kampus Umprok sudah ada dan telah diajarkan,namun kampus kembali menggelar program ini terkhusus kepada para advokat yang telah mengambil sumpah profesi guna jauh lebih mendalami lagi akan pendidikan Pengacara Pajak dan Perbankan.

“Menjadi pengacara pajak mesti benar-benar mendalami tentang persolaan perbankan, karena menurutnya persoalan perbankan berubah sangat cepat seiring perkembangan jaman,” ujar Dr.Benediktus Renny.

Lebih lanjut Benediktus menegaskan bahwa proses kerja sama ini sangat mendukung perkembangan pemahaman guna menempuh karir sebagai pengacara pajak membantu masyarakat dalam mencari keadilan dalam dunia perpajakan. (*)