Diprediksi Pemasukan Rp 1 Triliun dari Destinasi Pariwisata Saat Libur Lebaran di Kabupaten Sleman

Penulis: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM –  Wisatawan yang akan datang menghabiskan waktu berliburnya di Kabupaten Sleman Yogyakarta saat lebaran nanti berimbas baik pada pemasukan untuk Kabupaten Sleman sendiri di bidang pariwisata.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman Ir.Suparmono, M.M kepada suryayogya.com ketika ditemui di Kantor Bupati Sleman, Selasa (26/04/2022).

Dijelaskan bahwa prediksi Dinas Pariwisata Sleman bahwa wisatawan yang masuk sekitar 3,9 juta pemudik dan akan menikmati beberapa destinasi wisata favorit yang ada di Yogyakarta dan sebagainya akan mengunjungi Sleman.

“Membludaknya wisatawan yang datang maka secara pendapatan diprediksi akan mencapai Satu Triliun Pemasukan bagi Kabupaten Sleman,” Dari sektor pariwisata berupa hotel, restoran, tempat hiburan, destinasi dll,” ujarnya.

Suparmono menganalisis bahwa wisatawan diprediksi 1 juta orang akan mengunjungi Sleman, selama libur lebaran dengan estimasi waktu berlibur 10 – 20 hari dengan lama tinggal rata-rata wisatawan 1 sampai 5 hari dan belanja wisatawan sekitar Rp 750.000 – Rp 1.000.000.

Ia juga mengatakan bahwa akan menambah obyek Candi Barong dan Candi Kalasan untuk memecah keramaian pengunjung di beberapa destinasi wisata.

“Saya sudah minta kepada pengelola Candi Barong dan Kalasan agar membukanya, dan dari pengelola Candi sudah bersedia,” tutupnya. (*)