Kedaireka dan Kampus UP45 Hadir Atasi Sampah Melalui Teknologi Terkini di Jetis Bantul

Penulis: Gaga Sallo

YOGYAKARTA, SURYAYOGYA.COM – Tim Matching Fund Universitas Proklamasi 45 dengan ketua Enda Apriani S.T., M.Eng., dari Prodi Teknik Industri dan anggota tim Teknik Lingkungan, Teknologi Informasi, Teknik Mesin,Teknik Perminyakan dan Manajemen, melakukan sosialisasi dan serah terima Program Matching Fund Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka Kampus Merdeka (Kedaireka) di KSM Agung Rezeki Bantul pada Jumat, (09/12/2022).

Sosialisasi dan serah terima ini dihadiri pimpinan Universitas Proklamasi 45, Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Kapanewon Jetis, Kalurahan Sumber Agung, Dukuh Nogosari serta warga dan Nasabah KSM Agung Rezeki sebagai penerima manfaat.

Tim ini mendapatkan bantuan dari Program Matching Fund Kedaireka untuk mengembangkan dan mengimplentasikan Program Pengelolaan sampah inovatif dengan sentuhan Internet of Things (IoT) untuk mempermudah pengelolaan dan peningkatan efektivitas.

Tim UP45 membuat desain tempat sampah terpilah khusus sejumlah 300 unit kepada nasabah KSM Agung Rezeki Jetis Bantul dengan sistem aplikasi IoT yang terdiri dari sistem sensor timbang sampah otomatis, aplikasi di server KSM dan aplikasi yang diinstal di gawai nasabah.

Program ini juga berkesinambungan dengan Program Pemda Bantul dalam Bantul Bersama Bersih Sampah dimana salah satu programnya adalah pemilahan sampah dari rumah tangga. Program ini mendapatkan apresiasi dari Rektor Universitas Proklamasi 45.

Program ini bertujuan meningkatkan edukasi pemilahan sampah, dan mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Piyungan yang saat ini sudah penuh dengan melakukan pemilahan dan pendataan secara otomatis.

Sampah yang sudah terpilah dari nasabah, kemudian diangkut menggunakan armada yang sudah didesain khusus dengan Sensor Load untuk menimbang secara otomatis serta mikrokontroler dan sistem Aplikasi IOT yang secara otomatis terbaca di aplikasi yang terpasang di gadget nasabah.